Viewing 'Software' Category

Linux Mint 15 vs Ubuntu 12.04 LTS, mana lebih stabil ?

Linux Mint 15 vs Ubuntu 12.04 LTS, mana lebih stabil ? itulah pertanyaan yang muncul setelah selesai migrasi ke Linux untuk semua komputer di kantor. Pertanyaan itu muncul karena ketika Install CPU dengan Motherboard ECS MCP61M-M bermasalah dengan gambar di layar.. tulisan menjadi gak jelas… bebayang seperti VGA Tidak kuat resolusinya… tetapi pas di install Linux Mint berjaland engan normal…

Kesana kemari mencari alamat.. ting ting tapi yang kudapat dari mbah gugel banyak yang menerangkan sehingga dapat yang seperti ini : Semoga bermanfaat

ubuntu_vs_linux_mint

Linux Mint = pengembangan Ubuntu + Debian dgn Cinnamon Desktop
Ubuntu = pengembangan Debian dgn Unity Desktop
Debian = Distro Debian dgn GNOME Desktop

Jadi distro aslinya adalah Debian. Namun Debian itu konservatif (baca: jadul), Debian sangat berhati-hati ketika merilis versi barunya. Keuntungannya stabil. Kelemahannya jadul.

Di dalam Linux, sebuah distro bisa diinstall dgn Desktop yg berlainan. Contoh:
Debian + GNOME/KDE/XFCE/LXDE dll

namun untuk Linux Mint hanya bisa 2 desktop:
Linux Mint + Cinnamon/MATE
linux_debian_fedora_Mint_suse_ubuntu
Yg paling unik adalah Ubuntu krn untuk setiap Desktop ada nama dan komunitasnya sendiri-sendiri:
Ubuntu + Unity = Ubuntu Resmi
Ubuntu + GNOME = Ubuntu GNOME
Ubuntu + KDE = Kubuntu
Ubuntu + XFCE = Xubuntu
Ubuntu + LXDE = Lubuntu dll

jadi bisa dilihat kalau Ubuntu sangat terfragmentisasi, namun semuanya masih satu keluarga Ubuntu yg dipimpin oleh persh bernama Canonical.

kalo ingin sistem yg di dukung perusahaan, install Ubuntu.
kalo ingin sistem yg ‘hipster’ install Linux Mint
kalo mau yg stabil tp jadul install Debian (asal tahu saja Debian telah dipilih oleh NASA sbg sistem resmi mereka)

Teknisi Komputer : Dipilih…Dipilih…Dipilih…

Tags:

Cara upgrade php versi 5.2.6 di AppServ ke php 5.4.16 atau yang terbaru

Cara upgrade php versi 5.2.6  di AppServ  ke php 5.4.16 atau yang terbaru adalah sebagai berikut, pertama download file php 5.4.16 dari sumbernya, bisa klik disini atau langsung ke http://windows.php.net/download/ pilih yang VC9 x86 Thread Safe.

sebelum di lanjut, teknisi komputer pengen cerita dulu kenapa harus di upgrade, ceritanya begini.. hahahaa, kayak pendongeng aza…

Aldi Unanto, sahabat sekaligus rekan kerjaku di kantor membuat applikasi dengan menggunakan CodeIgniter dan program bisa berjalan normal jika php yang digunakan adalah php versi 5.4 keatas.., karena di Kubuntu server pake 5.2.6, maka terpaksa harus di upgrade… nah ini adalah hasil upgradenya.. dan berhasil.. berikut langkah-langkah yang teknisi komputer lakukan:

  1. Buka Control Panel cari Administrative Tools dan double click di menu Service, terus Double Click di Apache 2.2, kemudian klik stop untuk mematikan fungsi. lihat gambar berikut :upgrade_php_appserv
  2. Kemudian copy File yang tadi di download ke folder php5 yang ada di AppServ. jangan lupa, copy atau backup dulu file php5 yang lama buat jaga-jaga kalo upgrade nya gagal… atawa paling simple nya.. ganti nama folder PHP5 yang lama dengan Nama lain.. misalnya PHP5-OLD dan buat folder baru PHP5 copy dech semua filenya…
  3. Setelah itu aktifkan kembali Apache 2.2 nya denga klik Start.. .. jika berhasil di start… selamat Anda berhasil.. upgrade_php_appserv_start

Semoga tidak ada warning seperti ini :

Windows Could not start the Apache2.2 on local Computer. For information, review the system log. If this is on Non-Microsoft, contact the service vendor and refer to service-s[ecific error code 1.Apache-php-error

jika di start via menu start -> all program -> AppServ -> control server by manual -> start

apache_error

 

Pemecahan masalah untuk yang satu ini Nanti kita lanjutkan…. pada tutorial selanjutanya.. 🙂 sekarang waktunya pulang…. 🙂

Tags: , , , ,

Copyright © 2008 - Teknisi Komputer ITikus
Theme by nEUtrOniCs and powered by WordPress